Ismail, Suharni (2022) Penerapan Budaya Mappatabe Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di RA DDI Majennang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
18.1800.011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus yang bertujuan untuk membentuk karakter dan mendidik anakagar terciptanya nilai-nilai bangsa yang saling menghormati dan menghargai. Pembentukan karakter anak sangat tepat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena budaya mappatabe’ lebih kepada mengajarkan bagaimana anak berperilaku atau bertata krama yang baik terhadap orang lain Budaya mappatabe’ merupakan suatu gerakan, sikap, ataupun suatu tindakan perilaku yang terbentuk karena sebuah kebiasaan yang berlandaskan pada ahklak dalam menanamkan nilai agama dan moral. Bentuk - bentuk perilaku moral anak usia 5-6 tahun dalam (Permendikbud) no. 137 tahun 2014 pasal 10 ayat 1 yaitu mengerjakan ibadah, jujur, berperilaku sopan dan peduli melalui perkataan (maaf, permisi dan terima kasih), penolong, menghargai dan menghormati, menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B2 dengan jumlah 14 anak. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Observasi partisipan dilakukan dengan menghubungkan seorang peneliti secara langsung untuk terjun ke tempat penelitian atau aktif berpartisipasi dalam kegiatan observasi. Dalam proses observasi yakni mengamati berbagai fenomena yang terjadi dilapangan.Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan informan yakni guru, orang tua murid, ataupun tokoh masyarakat mengenai budaya mappatabe’ . Dokumentasi berbentuk tulisan, gambar, dan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya mappatabe’ pada anak kelompok B2 dalam mengembangkan nilai agama dan moral melalui metode pembiasaan yaitu 9 anak berkembang sangat baik dan 5 anak berkembang sesuai harapan, metode keteladanan yaitu 7 anak berkembang sangat baik dan 7 anak berkembang sesuai harapan, dan metode mendongeng 8 anak berkembang sangat baik dan 6 anak berkembang sesuai harapan. Dalam hal ini budaya mappatabe’ sebagai strategi mendidik anak, sehingga mencetak anak yang berkarakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Mappatabe, Anak Usia Dini |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 01:48 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 01:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4112 |
Actions (login required)
View Item |