Murlin, Syarifah Miranda (2022) Strategi Manajemen Pemasaran Rumah Makan Empangku Palanro Mallusetasi Kabupaten Barru (Analisis Ekonomi Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
17.2400.077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia mengalami kenaikan yang sangat signifikan, banyak orang membuka investasi rumah makan. Setiap bisnis memiliki cara tersendiri dalam mengatur bisnisnya. Manajemen strategi sangat penting untuk diterapkan dalam bisnis. Adapun tujuan dari penelitian iniuntuk mengetahui strategimanajemen rumah makan Empangku, mengetahui strategi manajemen rumah makan Empangku ditinjau dari ekonomi syariah, dan mengetahui target pasarnya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis diamati melalui observasi, wawancara, dokumentasi.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.Strategi manajemen pemasaran Rumah Makan Empangku melaksanakanfungsi manajemen, meliputi planning yaitu berencana untuk selalu menjaga kepercayaan pelanggan dari segi kualitas makanan yang disajikan, organizingyaitu karyawan ditempatkan sesuai kemampuan dan keahliannya, actuating yaitu pengelola memperhatikan karyawannya dengan membangun hubungan keluarga, controlling yaitu pengelola selalu memberikan arahan dan bimbingan pada karyawan.2.Target pasarRumah Makan Empangku adalah masyarakat yang sedang dalamperjalanan berkendara. Karena posisi rumah makan yang strategis berada di pinggir jalan poros. 3. Strategi manajemen Rumah Makan Empangku ditinjau dari Ekonomi Syariah berdasarkan sifat-sifat Rasulullah saw. meliputiShiddiqdalam pemilihan bahan makanan yang baik untuk menjaga cita rasa masakan, Amanahdimana penghasilannya tidak untuk dinikmati sendiri, Fathanahdalam kecerdasan spiritual dimana karyawan meskipun tengah sibuktetap bergantian melaksanakan sholat, Tabligh mampu memasarkan produknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Manajemen, Target Pasar, Analisis Ekonomi Syariah |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sari Hidayati |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 00:26 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 00:26 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4105 |
Actions (login required)
View Item |