Meki, Sulastri Putri (2022) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dalam Meningkatkan Pendapatan Wirausaha Di Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.2400.089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat penggunaan media sosial para wirausaha di Kota Parepare, untuk mengetahui seberapa besar pendapatan wirausaha di Kota Parepare, untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan media sosial dengan pendapatan wirausaha di Kota Parepare, untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dalam meningkatkan pendapatan wirausaha di Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriftif.Lokasi penelitian berada di Kota Parepare dan waktu penelitian 31 hari.Instrumen pengumpulan dan dilakukan dengan kuesioner.Sampel penelitian sebanyak 100 orang dari 18.485 jumlah populasi. Tehnik analisis datanya menggunakan uji one sampel t-test, uji korelasi pearson product momen, uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama hasil uji one sampel t-test tingkat penggunaan media sosial (X) berada pada nilai 82,9% dengan kategori sangat baik. Kedua hasil uji one sampel t-test tingkat pendapatan wirausaha (Y) diperoleh nilai sebesar 85,5% berapa pada kategori sangat baik. Ketiga hail uji korelasi pearson poduct moment diperoleh 0,301 > 0,195 R tabel yang menandakan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat antara penggunaan media sosial dengan peningkatan pendapatan wirausaha di Kota Parepare. Hasil nilai pearson product moment diperoleh 0,301 dan nilai (Sig). 0,02 < 0,05 maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan dalam penelitian ini. Keempat hasil uji regresi linear sederhana sebesar 0,272 maka setiap penambahan 1 pemberian media sosial maka pendapatan wirausaha meningkat sebesar 0,9750. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,9 dengan tingkat hubungan sangat rendah,dan memiliki arti bahwa 9, % pendapatan (Y) dipengaruhi media sosial (x) dan 91% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Pendapatan. |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Hidayatullah Hidayatullah |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:26 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 00:45 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/4089 |
Actions (login required)
View Item |