Rahmasari, Riska (2022) Minat Pedagang Angkringan di Area Monumen 40.000 Ribu Jiwa dalam Menggunakan Produk Bank Syariah Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
15.2300.163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Ditengah tekanan ekonomi dunia, sektor perbankan berperan penting memberikan restruksi kredit maupun penyaluran kredit baru khususnya bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Olehnya itu, perbankan syariah menjadi solusi terbaik bagi para pelaku usaha mulai dari pemberian bantuan pinjaman yang berbasis syariah dan berbagai produk serta layanan yang berkualitas yang dimiliki. Kendati demikian, beberapa masyarakat belum mengenal dan memahami tentang perbankan syariah bahkan menyamakan dengan bank konvensional sehingga bank syariah masih belum mengalami kemajuan yang optimal. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman pedagang angkringan di Area Monumen 40.000 Jiwa terhadap produk perbankan syariah dan faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang angkringan di Area Monumen 40.000 Jiwa dalam menggunakan produk perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memperoleh informasi secara lengkap dan mendalam tentang subjek penelitian. Jumlah informan yang diwawancarai sebanyak 5 orang dan beberapa teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa pedagang angkringan di Area Monumen 40.000 Jiwa telah memahami dengan baik tentang produk bank syariah namun beberapa yang lain masih kurang memahami. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang angkringan di area Monumen 40.000 Jiwa Kota Parepare dalam menggunakan produk Bank Syariah yaitu pengetahuan, produk yang tawarkan, pelayanan diberikan, memberikan manfaat atau kemaslahahatan dan pengalaman para pedagang menggunakan jasa/produk perbankan syariah. Mengacu pada hasil penelitian di atas maka penulis memberi saran kepada pihak perbankan syariah agar dalam pemasaran produk menggunakan cara yang lebih inovatif, jelas dan lengkap sehingga mampu bersaing dengan bank konvensional dan mampu menarik minat seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi nasabah di Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pedagang Angkringan, Perbankan Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Sari Hidayati
Date Deposited: 16 Sep 2022 01:28
Last Modified: 16 Sep 2022 01:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item