Candrah, Restu (2022) Persepsi Nasabah Terhadap Citra dan Layanan Bank BRI Unit Mallongi Longi Pinrang (Analisis Manajemen Syariah). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.2300.085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Persaingan bisnis dalam dunia perbankan semakin ketat baik di pasar domestik maupun internasional. Bank yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan kompetitif harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah. Salah satunya nasabah yang telah merasakan pelayan yang kurang memuaskan seperti ini memberikan fenomena tersendiri seperti menyebarkan informasi kepada keluarga, teman dan bahkan media massa yang berdampak langsung terhadap citra dari suatu bank. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan frontliner dalam pelayanan nasabah, serta untuk mengetahui persepsi nasabah terhadap citra dan layanan Bank BRI Unit Mallongi Longi Pinrang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan metode Miles & Huberman yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display) dan penarikan kesimpulan (Conslusion Drawing). Dalam memperkuat analisis, peneliti menggunaan teori persepsi dan teori manajemen syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Layanan frontliner Bank BRI Unit Mallongi Longi Pinrang dalam pelayanan nasabah telah menunjukkan bahwa layanan, kinerja maupun kualitas frontliner di bank BRI Unit Mallongi Longi Pinrang sudah cukup baik dalam hal pelayanan nasabah, hal tersebut terjadi dikarenakan bahwa frontliner lebih mengutamakan kenyamanan dan kepuasan nasabah. (2) Persepsi nasabah terhadap citra dan layanan Bank BRI Unit Mallongi Longi Pinrang telah menunjukkan bahwa mengenai sikap frontliner saat melayani nasabah di bank bahwa sikap dari frontliner ini sangat sopan dalam berkomunikasi dengan nasabah. Adapun mengenai citra dan layanan di bank BRI Unit Mallongi Longi Pinrang bahwa citra dan layanan bank ini sudah baik, tetapi dari segi sarana dan prasarana belum memadai hal tersebut mempengaruhi kenyamanan nasabah sehingga pelayanan tersebut belum maksiamal dan jadi efek feedback yang negatif untuk citra bank tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Nasabah, Frontliner, Citra dan Layanan. |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Hidayatullah Hidayatullah |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 01:13 |
Last Modified: | 16 Sep 2022 01:14 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3974 |
Actions (login required)
View Item |