Nurfadilla, Arnis (2022) Strategi pengelolaan pantai ujung tape dalam meningkatkan daya tarik wisatawan. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
18.93202.019.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi pengelolaan pantai dalam meningkatkan daya tarik wisatawan Tujuan Penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perencanaan pengelolaan Pantai Ujung Tape dalam meningkatkan Daya Tarik Wisatawan di Kecamatan Mattiro Sompe, Kab. Pinrang; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam pengelolaan pantai ujung tapedalam meningkatkan Daya Tarik Wisatawan di Kecamatan Mattiro Sompe, Kab. Pinrang; (3) Untuk mengetahui upaya pelaksanaan pengeloaan pantai ujung tape dalam meningkatkan daya tarik wisatawan di Kecamatan Mattiro Sompe, Kab. Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis data primer dan sekunder yang diperoleh oleh observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun fokus penelitian ini adalah memfokuskan pada strategi yang dilakukan pemerintah desa dan masyarakat sebagai pihak yang berwenang dalam pengelolaan pantai ujunga tape. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Perencanaan pengelolaan pantai ujungtape dalam meningkatkan daya tarik wisatawan di Kecamatan Mattiro Sompe, Kab. Pinrang yaitu roda perputaran UMKM yaitu sekretariat pok darwis yang dikatakan Teras Pantai Ujung Tape, kerjasama dengan pihak pemerintah desa dengan masyarakat dalam mempromosikan objek wisata pantai ujung tape, dan mengoptimalkan tingkat kebersihan pada daya tarik pantai ujung tape. 2)Faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pengelolaan pantai ujung tape dalam meningkatkan daya tarik wisatawan: a) infrastruktur yang belum memadai; b)keterbatasan anggaran;c) Keterbatasan Lahan; d) kurangnya partisipasi dan kesadaran. 3)Upaya Pelaksanaan pengelolaan dalam meningkatkan daya tarik wisatawan): (a) pengelolaan sarana dan prasarana untuk pengembanganberupa travel agent, hotel, restoran, tour operator, pelayanan kesehatan, faktor keamanan dan petugas yang langsung melayani wisatawan; (b) Meningkatan kegiatan promosi dengan mengadakan acara event tahunan balap perahu, memanfaatkan sosial media dan dan juga membuat akun tersendiri untuk wisata tersebut seperti akun yuotube, facebook dan instagram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pariwisata syariah, strategi, pengelolaan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
Depositing User: | Andi Khaerul |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 01:52 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 01:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3936 |
Actions (login required)
View Item |