Pantong, Rahmadani (2021) Strategi Pemasaran Online Endorsement di Media Sosial dalam Peningkatan Daya Saing Penjual di Bidang Fashion Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.2200.064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tiga pokok permasalahan yakni, pertama strategi promosi online endorsment di media sosial, kedua strategi pemasaran online endorsement dalam peningkatan daya saing penjualan dibidang fashion, dan pokok permasalahan yang terakhir adalah tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap promosi online endorsment di media sosial terkait peningkatan daya saing penjualan di bidang fashion. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yang mengguakan metode kualitatif dan data yang digunakan ada dua jenis yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait , yaitu pelaku usaha, pihak yang digunakan jasanya untuk melakukan promosi endorsment di media sosial yakni Selebgram, dan Konsumen. Data sekunder merupakan data tambahan untuk menambah informasi yang dapat memperkuat data pada penelitian ini berupa observasi, wawancara langsung serta dokumentasi. Adapun, lokasi penelitian di Kota Parepare. Hasil penelitian ini dikemukakan bahwa tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap strategi promosi online endorsement di media sosial dalam peningkatan daya saing penjual di bidang fashion di Kota Parepare tidak sesuai dengan prinsip-prinsip yang diajarkan oleh syariat, sebab masih terdapat praktik kerja sama pelaku usaha dan pihak selebgram yang mengandung unsur melebih-lebihkan suatu produk demi persaingan dengan sesama pelaku usaha sehingga hilanglah kejujuran dalam prosesnya, sedangkan menurut hukum ekonomi syariah jika dalam suatu transaksi tidak terdapat kejujuran didalamnya maka mengandung unsur gharar dan hal tersebut tidak dibolehkan dalam hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi Endorsment, Daya Saing, Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:14
Last Modified: 18 Aug 2022 03:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item View Item