Nurhaeni, Nurhaeni (2021) Penerepan Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok Bahasan Nun Sukun dan Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah pada Kelas VII MTs. Negeri Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
17.0211.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang penerapan card sort untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan nun sukun dan tanwin bertemu huruf hijaiyah kelas VII.2 MTs. Negeri Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) dengan materi nun sukun dan tanwin bertemu huruf hijaiyah pada kelas VII.2 MTs. negeri pinrang melalui penerapan card sort. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan bentuk Quasi Experimental Design menggunakan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk pretest dan posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 kelas dengan jumlah peserta didik keseluruhan 457 orang. Sedangkan yang diangkat sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII.2 dengan jumlah peserta didik berjumlah 28 orang, 14 orang sebagai kelas eksperimen dan 14 orang sebagai kelas kontrol. Tehnik penarikan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen, yaitu 53.57 dan meningkat setelah diberikan perlakuan menjadi 75.71 sebagai nilai rata-rata posttest. Jika dibandingkan dengan kelas kontrol di mana nilai rata-rata pretest, yaitu 53.93 dan pada posttest 67.14 dengan demikain, telah terjadi peningkatan hasil belajar yang lebih baik pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol. Adapun Hasil uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa t hitung ˃ t tabel, yaitu 1.124 ˃ 0.696 dan nilai signifikan 0.396 ˃ 0.05. Hasil ini menunjukkan bahwa Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) dengan materi Nun Sukun dan Tanwin Bertemu Huruf Hijaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Card sort, nun sukun dan tanwin, hasil belajar, pendidik, peserta didik, tes
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:45
Last Modified: 23 Jun 2022 07:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item