Selvi, Selvi (2021) Model Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Pareapare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Model Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Pareapare. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) mengikuti pembelajaran PAI di SLB Negeri 1 Parepare yaitu berbeda-beda pemberian pembelajaran, dan di ikuti masing-masing oleh gurunya, lebih banyak menggunakan sistem pendekatan, tidak boleh di lepas dan dibiarkan belajar sendiri harus didampingi agar anak dapat mengikuti pembelajaran PAI dengan baik seperti pemberian literasi/ pembelajaran Al-Qur’an dimana materi yang diberikan bermacam-macam, contohnya materinya membaca surah pendek, praktek berwudhu, praktek shalat. 2) Model komunikasi yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI yang efektif dan sistem penggunaan komunikasi yang dimana Tunanetra model komunikasinya orientasi mobilitas (OM) tongkat putih, tusing, alat perekam, Tunarungu model komunikasinya bahasa isyarat atau bahasa tubuh, Tunagrahita model komunikasinya diberi Latihan dan pengembangan diri, Tunadaksa model komunikasinya binagerak, Latihan dan pengembangan diri, Autis model komunikasinya dilatih secara rutin dan perubahan sikap perilaku. Jadi, dalam komunikasi antara guru dengan murid di SLB Negeri 1 Parepare yaitu adanya Tindakan yang dilakukan guru saat berkomunikasi dengan murid berbeda-beda sesuai dengan kondisi psikologis muridnya dan menyampaikan rangsangan-rangsangan, kata-kata untuk mengubah tingkah laku muridnya dan menerangkan menggunakan model komunikasi sesuai kondisi anak berkebutuhan khusus agar tujuan suatu proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik. 3) Hambatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Parepare yaitu dalam kegiatan pembelajaran tersebut peserta didik tidak mudah ikut dalam pembelajaran, peserta didik perlu pendekatan pada guru dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik biasa mengharapkan hadiah untuk memperlancar mengikuti pembelajaran. Adapun solusinya yang di ambil dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah Hendaklah terjalin Kerjasama yang baik antra peserta didik, guru, tenaga administrasi, kepala sekolah dan ketersediaan/kesiapan sarana dan prasarana yang telaha ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Komunikasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam PAI, Anak Berkebutuhan khusus (ABK).
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:01
Last Modified: 22 Jun 2022 07:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3653

Actions (login required)

View Item View Item