Salam, Siti Amalia Abdul (2021) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas IVB UPTD SDN 12 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif Course Review Horay merupakan model pembelajaran aktiv, inovatif, kreatif, efektif dan dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan. Proses Pelaksanaan penelitian ini dilakukan karena hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik masih rendah. Selain itu, model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran masih kurang efektif sehingga berdampak pada kurangnya minat, semangat, keaktifan serta peran serta peserta didik kurang dimaksimalkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas proses penerapan model pembelajaran kooperatif course review horay (CRH) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas IVB dan menganalisis peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam peserta didik setelah penerapan model pembelajaran course review horay di kelas IVB UPTD SD Negeri 12 Parepare. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variable tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran course review horay. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanann/tindakan, Observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas IVB yang berjumlah 17. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan adalah indikator proses dan indikator hasil dengan menerapkan model pembelajaran course review horay. Proses dan Hasil penelitian dilihat dari aktivitas guru dan aktivitas peserta didik pada siklus I berada pada kualifikasi cukup (C) dan pada siklus II berada pada kualifikasi Baik (B) sedangkan dilihat dari hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan ketuntasan 47,05% meningkat pada siklus II mencapai ketuntasan 82,36%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran course review horay efektif diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas IVB UPTD SD Negeri 12 Parepare Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Khaerul
Date Deposited: 22 Jun 2022 07:01
Last Modified: 22 Jun 2022 07:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item