Asri, Nurul (2021) Penggunaan Metode Resitasi dalam Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pesera Didik Kelas X SMK Negeri 3 Barru Kab. Barru. Undergraduate thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
14.1100.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Metode resitasi adalah metode penyajian bahan dimana pendidik memberikan tugas tertentu agar peserta didik melakukan kegiatan belajar. Tugas yang diberikan dapat dikerjakan di dalam kelas, dihalaman sekolah, di perpustakaan atau dimana saja asal tugas tersebut dapat dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Barru Kab. Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, sedangkan desain penelitiannya adalah true eksperimental design dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis inferensial, pengujian persyaratan analisis data. Dengan hasil analisis menunjukkan bahwa (1) pada tabel Paired Samples Correlations diperoleh koefisien korelasi antara sebelum dan sesudah diberikan metode resitasi sebesar 0.333. (2) Paired Samples Correlations diperoleh koefisien korelasi antara sebelum dan sesudah diberikan metode pembelajaran konvensional 0.769. Equal variances assumed dimana pada kolom t-test for Equality of Means harga t = 14,080 dengan df = 53 serta Sig. (2-tailed) = 0.000 ≤ α/2 = 0.000 ≤ 0.005 sehingga H0 ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik yang diberikan metode resitasi lebih tinggi atau lebih baik daripada prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang diberikan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Prestasi Belajar PAI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatullah Hidayatullah
Date Deposited: 22 Jun 2022 05:23
Last Modified: 22 Jun 2022 05:23
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3644

Actions (login required)

View Item View Item