Ningrum, A. Widiya (2021) Peranan Pendampingan Keluarga Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus siswa Kelas 4 UPTD Sekolah Dasar Negeri 146 Barru). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full text)
17.1100.117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Pendampingan keluarga sangat dibutuhkan oleh anak, agar anak dapat bersemangat pada saat proses pembelajaran berlangsung terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sendiri, setelah pendampingan belajar anak juga membutuhkan motivasi Keluarga sendiri sangat dibutuhkan pada masa pendampingan anak ketika belajar maupun aktivitas tiap hari. Penelitian ini untuk mengetahui peranan pendampingan keluarga dalam pembelajaran PAI masa pandemi Covid 19 (studi kasus siswa kelas 4 UPTD Sekolah Dasar Negeri 146 Barru). Tujuannya untuk menjelaskan peranan pendampingan Keluarga terhadap pembelajaran PAI masa pendemi Covid 19 siswa kelas 4 UPTD Sekolah Dasar Negeri 146 Barru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan desain penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil data dalam bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Tempat penelitian di UPTD Sekolah Dasar Negeri 146 Barru dengan waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang digunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pendampingan keluarga terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam masa pandemi covid-19 (studi kasus siswa kelas 4 UPTD Sekolah Dasar Negeri 146 Barru) yaitu keluarga sangat berperan aktif dalam mendampingi anak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bentuk-bentuk peranan keluarga dalam mendampingi anak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu memberikan motivasi, keluarga sebagai guru, keluarga sebagai penegak disiplin, keluarga sebagai pengontrol, serta mengatur waktu belajar anak dan menyediakan fasilitas belajar anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan pendampingan keluarga, Pembelajaran PAI, Covid-19 |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 05:42 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 05:42 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3643 |
Actions (login required)
View Item |