Arief, Muhammad (2021) Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Quran Hadits (Studi Empiris Pada MAN 2 Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak] Text (Sampul dan Abstrak)
17.1100.064 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
17.1100.064 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
17.1100.064 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
17.1100.064 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
17.1100.064 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
17.1100.064 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
17.1100.064 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu masalah faktor eksternal yang kini dihadapi dunia pendidikan adalah menumbuhkan kreativitas guru. Guru dituntut memiliki kreativitas sebab menjadi guru yang kreatif merupakan pengukuran kinerja guru itu sendiri dimata siswanya. Tetapi pada kenyataannya masih banyak guru yang hanya menggunakan media pembelajaran yang itu-itu saja dan tidak mampu mengembangkannya sehingga membuat kejenuhan terhadap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam pembelajaran quran hadits di MAN 2 Parepare. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif dengan metode studi empiris. Adapun data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama pendidik atau guru quran hadits di MAN 2 Parepare baik berupa offline ataupun online yang menjadi sumber utama dari penelitian ini. Uji keabsahan data dengan melakukan teknik credibility, tranferbility, debility dan confimability. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hambatan yang dihadapi guru quran hadits di MAN 2 Parepare dalam pembelajaran quran hadits ialah latar belakang peserta didik yang pendidikannya bervariasi, selain itu minat belajar siswa terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Disisi lain hambatan yang dihadapi guru dalam masa pandemi ini ialah terletak pada pelaksanaannya yang mengakibatkan pembelajaran daring tersebut kurang efektif dan efisien; dan 2) Kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran daring di MAN 2 Parepare dengan menggunakan media pembelajaran antara lain, seperti: WhatsApp, Google Classroom, Microsoft 365, dan PPT (Power Point). Hendaknya guru senantiasa berusaha untuk menimbulkan, memelihara, dan meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Salain itu guru juga perlu melakukan pendekatan yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar tidak hanya melalui pendekatan instruksional tetapi disertai dengan pendekatan pribadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Pembelajaran Quran Hadits, Kreativitas Guru
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:01
Last Modified: 14 Jun 2022 07:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item