Suwarti, Suwarti (2021) Upaya Guru dalam Megatasi Kejenuhan Belajar pada Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 3 Lembang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Sampul dan Abstrak)
17.1100.044 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
|
Text (BAB 1)
17.1100.044 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
|
Text (BAB 2)
17.1100.044 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
|
Text (BAB 3)
17.1100.044 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
|
Text (BAB 4)
17.1100.044 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
|
Text (BAB 5)
17.1100.044 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
|
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
17.1100.044 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Upaya guru merupakan merupakan peranan atau tugas dari seorang guru dalam membimbing anak didiknya, sehingga terbentuk akhlakul karimah dalam proses pembelajaran.Upaya yang dimaksud disini adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk mengatasi kejenuhan belajar yang dialami oleh peserta didik. Fokus kajian penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik. Dengan metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam proses pengelolaan data dilakaukan dengan beberapa tahap, yakni dengan melakukan pengumpulan data, melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa upaya guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada masa pandemi covid-19 diantaranya: a) Dengan memberikan bimbingan dan perhatian khusus, b) Melakukan pendekatan lansung kepada peserta didik, c) Memberikan motivasi kepada peserta didik, d) Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, e) Menggunakan media yang dapat membantu peserta didik, sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dalam proses pembelajaran, f) Menciptakan suasana yang humoris dalam proses pembelajaran, g) Memberikan pertanyaan-pertanyaan dadakan, sehingga peserta didik bersemangat dalam melakukan proses belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Pendidikan Agama Islam, covid-19 |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 03:56 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 03:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3616 |
Actions (login required)
View Item |