Baba, Anwar (2021) Penerapan Pola Sikap Kesopanan dan Keramahan Karyawan terhadap Loyalitas Pada Bank Muamalat Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.2300.134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan karyawan Bank Muamalat Parepare sudah menerapkan pola sikap kesopanan dan keramahan kepada nasabahnya. Namun, masih perlu ditingkatkan sebab kesopanan dan keramahan harus mencakup semua aspek untuk memberikan kenyamanan kepada nasabahnya. Asusmsi beberapa nasabah yang diobservasi, bahwa petugas pelayanan masih kurang komunikatif dalam memberikan pelayanan sehingga nasabah akan terkesan kaku dan tegang. Hal demikian tentu tidak memberikan kenyamanan bagi nasabah yang dilayani. Untuk mengkaji lebih mendalam terkait bentuk pelayanan yang sopan dan ramah terhadap nasabah pada Bank Muamalat Parepare. Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh pengetahuan tentang bagaimana respon nasabah dari pelayanan yang diberikan pada Bank Muamalat Parepare dan untuk memeroleh pengetahuan tentang bagaimana Penarapan dari sikap kesopanan dan keramahan dari karyawan bank muamalat parepare terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalahreduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclution) atau verifikasi. Hasil diperoleh sebagai berikut, 1) bentuk pelayanan pada bank muamalat Parepare adalah sikap peduli kepada nasabah, bentuk pelayanan yang tertib, bentuk pelayanan sesuai adat istiadat, pelayanan yang baik, dan bentuk komunikatif yang baik, serta banyak tersenyum kepada nasabah sebagai bentuk pelayanan yang sopan dan ramah terhadap nasabah. 2) Respon nasabah bank muamalat marepare menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan sopan dan ramah terhadap setiap nasabahnya. Terdapat banyak nasabah yang merespon baik terhadap pelayanan pada bank muamalat parepare. 3) Penerapan pelayanan terhadap nasabah pada Bank Muamalat Parepare adalah dengan menerapkan program-program layanan berbasis syariah dan pelayanan sesuai SOP yang diterapkan sebagai bentuk penerapan pelayanan yang sopan dan ramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Kesopanan, Keramahan Karyawan, Loyalitas Nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 06:26 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 06:26 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3598 |
Actions (login required)
View Item |