Zainuddin, Lutfiah (2022) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Metode Eksperimen Sains Pada Anak Kelompok A di Raudhatul Athfal DDI Dinar Kabupaten Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1800.029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mengenalkan warna pada anak sejak dini dapat merangsang indra penglihatan dan otaknya dimana anak mampu mengekspresikan warna yang ada di lingkungannya seperti rumput berwarna hijau. Mereka mengenal sesuatu melalui warna sehingga tersimpan di dalam otak sebagai memori bagi anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan metode eksperimen sains melalui kegiatan mencampur warna pada peserta didik di RA DDI Dinar Kabupaten Sidrap?”. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode eksperimen sains menggunakan kegiatan mencampur warna pada peserta didik di RA DDI Dinar Kabupaten Sidrap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini dilaksanan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan dengan dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok A dengan jumlah 12 orang. rosedur penelitian terdiri dari empat tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen sains kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A RA DDI Dinar Kabupaten Sidrap meningkat. Dilihat pada hasil observasi siklus I ke siklus II dimana anak mampu menyebutkan warna primer kategori BSH dan BSB dari 83,3 % menjadi 100%. Anak menyebutkan mampu menyebutkan warna sekunder kategori BSH dan BSB dari 33,3% menjadi 100%. Anak mampu mengelompokkan warna primer kategori BSH dan BSB dari 58,3% menjadi 100%. Anak mampu mengelompokkan warna sekunder kategori BSH dan BSB dari 50% menjadi 100%. Anak mampu menceritakan hasil warna dari proses kegiatan mencampur warna kategori BSH dan BSB dari 16,7% menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal warna, Metode eksperimen sains
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 31 May 2022 07:24
Last Modified: 31 May 2022 07:24
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3583

Actions (login required)

View Item View Item