Nadilla, Nadilla (2021) Penerapan strategi true or false dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs DDI Tuppu, Kec. Lembang, Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1200.043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi true or false dalam pembelajarannya pada Madrasah Tsanawiyah dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah DDI Tuppu Kec. Lembang, Kab. Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analissi data dilakukan dengan menggunakan analisis data model Miles dan Hubermen yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah MTs DDI Tuppu terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan dengan menyusun RPP. strategi yang digunakan bukan hanya strategi true or false namun juga menggunakan strategi lainnya seperti metode ceramah dan tanya jawab, pendidik melakukan evaluasi hasil belajar. (2) kendala dalam menggunakan strategi true or false dalam pembelajaran bahasa Arab dari Aspek Linguistik meliputi: kurangnya kosakata Bahasa Arab, Kesulitan dengan mengucapkan bunyi bahasa Arab. Dan adapun dari segi non linguistik meliputi: tidak tercapainya tujuan kurikulum, pendidik, peserta didik, metode yang digunakan , fasilitas atau media dan linkungan. (3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala strategi true or false yaitu kendala faktor linguistik yaitu: pendidik berusaha memberikan penghafalan kosa kata, Kesulitan dengan mengucapkan bunyi bahasa Arab, adapun upaya dalam mengatasi kandala non linguitik antara lain meleksanakan kurikulum yang telah ditetapkan dengan baik, memberikan dorongan kepada peserta didik agar lebih semangat dan tertarik dalam belajar bahasa Arab, tidak hanya menggunakan strategi true or false tapi menggunakan strategi lainnya, menyediakan fasilitas atau media dalam menggunakan stratetegi true or false pada pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Tue Or False dalam pembelajan bahasa Arab, Kendala, dan Upaya
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 May 2022 01:52
Last Modified: 24 May 2022 01:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3557

Actions (login required)

View Item View Item