Nurhikmah, Nurhikmah (2021) Pengaruh pola asuh orang tua otoritatif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Smp Muhammadiyah Walttasi Kab. Soppeng. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1700.007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua otoritatif adalah pola asuh yang memberikan kebebasan kepada anaknya tetapi tetap memperhatikan gerak-gerik anak dan menegur apabila hal yang dilakukan anak itu sudah melampaui batas. Pola asuh orangtua merupakan hal yang paling penting dan utama karna orangtua adalah madrasah pertama bagi anak mulai dalam perut sampai anak dewasa. Sedangkan pendidikan yang di dapatkan anak di sekolah adalah pendidikan yang memang harus di lalui anak, yang paling mendukung karakter anak sesungguhnya adalah pola asuh orangtua baik atau buruknya anak tergantung dari lingkungan keluarga dan lingkunagn tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua otoritatif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Smp Muhammadiyah Walattasi Kab. Soppeng. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asiosaitif dengan desain kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh (sensus). Sampel penelitian sebanyak 50 dari 50 populasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif . Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) gambaran pola asuh orang tua peserta didik pada pembelajaran IPS menujukkan sig (2- tailed)=0,000 <α = 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pola asuh orang tua otoritatif termasuk kategori tinggi yaitu 84%. (2) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS menujukkan (2- tailed)=0,000 < α = 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS pesrta didik termasuk kategori sangat tinggi yaitu 93,33%. (3)pengaruh pola asuh orang tua otoritatif terhadap hasil belajar IPS peserta didik SMP Muhammadiyah Wlattasi Kab. Soppeng menujukkan dengan (2- tailed)=0,000 < α = 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sehingga bias disimpulkan pola asuh orang tua otoritatif terhadap hasil belajar di terima pada tingkat signifikan α=5% .sedangkan nilai koefisen sebesar 7,9% maka disimpulkan pengaru pola asuh orang tua otoritatif (X) hasil belajar peserta didik SMP Muhammadiyah Walattasi Kab. Soppeng (Y) sebesar 7,9% sedangkan 92,1% dipengaruh oleh variabel lain yang tidak di teliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengaruh pola asuh orangtua otoritatif, hasil belajar peserta didik
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 May 2022 02:02
Last Modified: 12 May 2022 02:02
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3520

Actions (login required)

View Item View Item