Alifkah, Ayu (2022) Perilaku Pemasaran Online Shop pada Mahasiswa FEBI di IAIN Parepare (Analisis Etika Bisnis Islam). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full Text)
18.2400.018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Perilaku pemasaran adalah tingkah laku atau sikap dari kegiatan bisnis mulai dari merancang, membuat, menjual dan mempromosikan produk sampai produk tersebut terjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perilaku pemasaran online shop pada mahasiswa FEBI di IAIN Parepare sudah sesuai dengan etika bisnis Islam atau belum. Penelitian ini menggunakan pendekatan teologi dan fenomenalogi dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian (Display) data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian mengemukakan pertama, kode etik yang berlaku bagi tenaga pemasar online shop belum terimplementasi dengan baik sebagaimana yang diharapkan. Terlihat dari hasil wawancara pada beberapa orang yang merupakan mahasiswa FEBI dari berbagai prodi di IAIN Parepare selaku konsumen yang sering berbelanja online. Kedua, perilaku mahasiswa FEBI dalam melakukan transaksi jual beli online berbeda-beda setiap individu. Tapi pada dasarnya, lebih banyak yang melakukan hal negatif yang tanpa disadarinya membuat konsumen hilang kepercayaan kepada online shop tersebut. Seperti, agar tampilan produk terlihat lebih menarik di mata konsumen, maka penjual merekayasa foto produk dengan mengambil gambar produk dari google, atau dari online shop lain yang menjual produk yang serupa dengannya. Melebih-lebihkan testi dengan menyebut pemakaian pribadi, memperuntukkan barang langka hanya untuk langganannya saja, tidak menggubris komplain dari konsumen, dan bersikap tidak ramah ketika melayani. Tetapi ada juga penjual online yang berlaku baik, melayani konsumen sebagaimana mestinya. Seperti, ramah kepada konsumen, tidak memaksakan kehendak konsumen, dan merespon konsumen ketika sedang komplain. Perilaku-perilaku penjual online shop pada mahasiswa FEBI di IAIN Parepare sebagian sudah terimplementasikan sesuai dengan kode etik jual beli online shop yang berlaku. Adapun analisis perilaku pemasaran online shop pada mahasiswa FEBI pun juga sudah diimplementasikan dengan baik, walau masih ada segelintir pelaku pemasaran yang tidak paham mengenai pentingnya bertransaksi jual beli online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Pemasaran, Pemasaran Online Shop, Etika Bisnis Islam |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Sari Hidayati |
Date Deposited: | 13 May 2022 07:55 |
Last Modified: | 13 May 2022 07:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3474 |
Actions (login required)
View Item |