Hardiana, Hardiana (2022) Pembelajaran Gerak Lurus Berbasis STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Pangsid. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
18.84206.003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Di era revolusi 4.0 ditemukan berbagai masalah pembelajaran diantaranya Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik, proses pembelajaran IPA masih tradisional dalam penggunaan media, pendekatan, dan metode pembelajaran dan peserta didik kurang kreatif dalam memahami materi. Oleh karena itu dibutuhkan pendidikan yang mempersiapkan berbagai kemampuan dan keterampilan. Salah satunya adalah pendekatan STEM yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif yang merupakan salah satu aspek yang memegang peranan penting dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan zaman modern. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif secara signifikan lebih rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran gerak lurus berbasis STEM di kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Pangsid serta mengetahui pembelajaran gerak lurus dengan pendekatan STEM yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian lapang (field research) dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif untuk menganalisis skor penilaian dan teknik analisis kualitatif untuk merangkum dan mendeskripsikan hasil penelitian melalui observasi pengamatan. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat berdasarkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik jika memenuhi target penelitian. dimana nilai rata-rata berpikir kreatif dan hasil belajar mencapai nilai rata-rata KKM ≥ 76 dengan Persentase 80 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran gerak lurus berbasis STEM sudah mengalami peningkatan yang dilihat pada nilai rata-rata pada pra tindakan, tes dan laporan peserta didik dalam setiap siklus. Untuk persentase peserta didik yang nilainya diatas KKM pada siklus I mencapai 56,25 % pada tes. Namun, jika dilihat pada laporan mencapai 50 %. Pada siklus II akan dilakukan perbaikan pada siklus I sehingga persentase nilai peserta didik yang diatas KKM pada siklus II meningkat. Pada tes meningkat menjadi 93,75% dan pada laporan meningkat menjadi 81,25%; (2) Peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran gerak lurus berbasis STEM dilihat berdasarkan hasil observasi kondisi awal hingga akhir dalam membuat media mobil yang dibuat, semuanya sudah bergerak sehingga sudah dikatakan berhasil. Pada kondisi awal mendapatkan 31% peserta didik yang tuntas dari batas minimal peserta didik cukup kreatif dengan rata-rata 54,86. Sedangkan untuk kondisi akhir didapatkan data yaitu 100%, yang artinya semua peserta didik dinyatakan tuntas dari batas minimal peserta didik cukup kreatif dengan rata-rata nilai 83,34. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran gerak lurus berbasis STEM di UPT SMP Negeri 3 Pangsid dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Gerak Lurus, Pendekatan STEM, Keterampilan berpikir kreatif. |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris IPA |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 07:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 07:55 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3473 |
Actions (login required)
View Item |