Nasir, Khaerani (2022) Penggunaan Aplikasi Google Classroom Model Blended Learning Secara Daring dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Peserta Didik Kelas IX UPTD SMP Negeri 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.1100.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Blended learning merupakan model pembelajaran yang menggabungkan antara model pembelajaran secara tatap muka dan secara online yang dapat dilakukan baik di dalam kelas ataupun di luar keas, dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Aplikasi google classroom merupakan platform untuk sekolah atau institusi pendidikan lainnya dengan tujuan untuk memberikan keefektifan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan diterapkannya model blended learning dengan menggunakan aplikasi google classroom. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen menggunakan desain nonrandomized control-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IX. 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas IX.2 sebagai kelompok kontrol. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar peserta didik sebelum diterapkan pembelajaran daring model Blended Learning dengan menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IX UPTD SMP Negeri 8 Parepare paling tinggi 70% (Pada kelompok eksperimen diperoleh thitung ≤ ttabel, -0,750 ≤ 1,703 dan kelompok kontrol thitung ≤ ttabel, 0,097 ≤ 1,701). (2) Prestasi belajar peserta didik setelah diterapkan pembelajaran daring model Blended Learning dengan menggunakan aplikasi google classroom pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IX UPTD SMP Negeri 8 Parepare paling rendah atau sama dengan 75% (thitung > ttabel yaitu 10,914 > 1,703). (3) Terdapat peningkatan prestasi belajar peserta didik yang signifikan (nilai sig. 0,000 < 0,05) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IX UPTD SMP Negeri 8 Parepare setelah melakukan proses pembelajaran dengan model blended learning menggunakan aplikasi google classroom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Blended Learning, Aplikasi Google Classroom, Prestasi Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:11
Last Modified: 19 Apr 2022 06:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item