Gustina, Gustina (2021) Penggunaan Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII.1 di SMP Negeri 1 Watang Pulu. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1100.135.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian metode Everyone is a Teacher Here merupakan metode yang mengajarkan peserta didik untuk menjadi guru bagi teman-temannya. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi pemberian materi, pembagian kertas kosong, pembuatan soal, pembagian kertas yang sudah di isi pertanyaan oleh masing-masing siswa, penyampaian argumen yang dilakukan oleh siswa. Metode Everyone is a Teacher Here lebih berpusat pada siswa sehingga siswa lebih terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Watang Pulu karena proses belajar mengajar yang masih kurang efektif di sebabkan peserta didik yang kurang berpartisipasi dan akhirnya berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan metode Everyone is a Teacher Here kelas VIII.1 . Variabel yang menjadi sasaran perubahan pada penelitian ini adalah hasil belajar, sedangkan variabel tindakan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari taraf signifikan 80%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Watang Pulu Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, hasil belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Apr 2022 05:30
Last Modified: 19 Apr 2022 05:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item