Munira, Munira (2022) Penggunaan Metode Role Play dalam Pembelajaran Hiwar pada peserta didik MTs Tassbeh Baitul Qur’an kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1200.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode role play dalam pembelajaran hiwar pada peserta didik kelas VIII.I MTs Tassbeh Baitul Qur’an kabupaten Pinrang, dan faktor pendukung dan penghambat metode Role Play dalam Pembelajaran Hiwar pada peserta didik MTs Tassbeh Baitul Qur’an kabupaten Pinrang. Metode role play dalam pembelajaran hiwar adalah metode pembelajaran pemberian peran pada peserta didik berdasarkan isi teks hiwar yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reaserch) yang menggunakan metode kualitatif yang bersumber dari data primer dandata sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangualasi data dan uji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penggunaan metode role play dalam pembelajaran hiwar pada peserta didik di MTs Tassbeh Baitul Qur’an kabupaten Pinrang khususnya di kelas VIII.I berlangsung secara efektif dilakukan dengan tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi yang pendidik kembangkan berdasarkan dengan pertimbangan yang sesuia dengan kebutuhan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung; 2). Faktor pendukung dari penggunaan metode role play dalam pembelajaran hiwar di spesifikkan menjadi faktor pendukung dari penggunaan metode role play ialah minat peserta didik, ekspresi, pendalaman peran atau karakter, pendidik dan buku ajar. Faktor pendukung pembelajaran hiwar intonasi, makhraj, kemampuan menghafal teks hiwar yang cepat. Adapun faktor penghambat dari penggunaan metode role play dalam pembelajaran hiwar ialah kurangnyakepercayaan diripeserta didik, peserta didik kurang tertib dalam penggunaan metode role play dalam pembelajaran hiwar, mengganggu kelas sebelah, waktu yang terbatas sehingga waktu yang digunakan dalam penggunaan metode role play dalam pembelajaran hiwar kurang maksimal, dan lingkungan yang belum menyediakan lokasi wajib berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Metode Role Play, Pembelajaran Hiwar
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:04
Last Modified: 24 Mar 2022 08:04
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item