Farman, Farman (2021) Upaya Guru PAI dalam Meminimalkan Kesulitan Belajar Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya di SMA Negeri 4 Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
16.1100.142.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya antusias peserta didik pada proses pembelajaran berlangsung atau tidak adanya komunikasi timbal balik dalam kelas pada saat proses belajar berlangsung di SMAN 4 Enrekang. Itu di tandai dengan kurangnya peserta didik mengajukan pertanyaan pada saat proses belajar berlangsung di kelas walaupun guru PAI di SMAN 4 Enrekang telah memberi ruang kepada peserta didik untuk bertanya. bukan karena peserta didik telah memahami seluruh materi ajar yang diajarkan tetapi karena peserta didik kurang akan kepercayaan diri dalam bertanya dan bingung akan apa yang akan dipertanyaakannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 4 Enrekang. Data bersumber dari guru pendidikan agama Islam SMAN 4 Enrekang, guru bimbingan kounselin di SMAN 4 Enrekang dan peserta didik SMAN 4 Enrekang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan empat tahapan, meliputi derajat kepercayaan (perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi), keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor-faktor kesulitan belajar peserta didik di SMAN 4 Enrekang ada tiga faktor, yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan sekolah dan faktor lingkungan tempat tinggal peserta didik. (2) Upaya guru PAI dalam meminimalkan kesulitan belajar peserta didik untuk mengajukan pertanyaan di SMA Negeri 4 Enrekang. Dalam hal ini ada tiga jenis upaya yang dilakukan oleh guru PAI, yaitu. (a).Berupaya Meminimalkan kesulitan belajar peserta didik dengan tahapahan a.memberi nasehat b.memberi tuga tambahan c.menyerahkan keguru BK. (b)Berupaya menjaga suasan belajar yang baik pada saat proses pembelajaran berlangsung dan (c)upaya dalam meningkatkan kemampuan bertanya peserta didik dengan cara; a.memberi kesan penaran terhadap materi ajar, b.meminta peserta didik bertanya kepada guru secara langsung c.membarikan stimulus atau motivasi kepada peserta didik agar lebih optimis dan percaya diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meminimalkan Kesulitan Belajar, Meningkatkan Kemampuan Bertanya Peserta Didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 06:50 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 06:50 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3345 |
Actions (login required)
View Item |