Ilham, Ilham (2021) Penggunaan Media Focusky untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik MTs Negeri Pinrang. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.0211.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas VII. 2 MTs Negeri Pinrang, Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penggunaan media Focusky di MTs Negeri Pinrang. (2) mengetahui hasil belajar Fiqih peserta didik di MTs Negeri Pinrang (3) mengetahui penggunaan media Focusky dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik di MTs Negeri Pinrang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.2 MTs Negeri Pinrang tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Instrumen penelitian adalah tes dan observasi dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes evaluasi, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Penggunaan media Focusky oleh guru sudah berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tahap refleksi di setiap siklus. Pada siklus I diperoleh skor 51 dengan persentese 56,67% (Cukup Baik), pada siklus II meningkat menjadi 71 dengan persentese 78,8% (Baik) dan kemudian dilanjutkan pada siklus III meningkat menjadi 85 dengan persentese 94,4% (Sangat Baik). (2) Hasil belajar Fiqih peserta didik MTs Negeri Pinrang didapatkan nilai tertinggi yaitu 75 dan nilai terendah 35. Adapun nilai rata-rata yaitu 51,5 yang berada dalam katogori (rendah) sedangkan siswa yang tuntas sebanyak 4 orang (15,38%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 22 orang (84,61%). (3) Penggunaan media Focusky dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih peserta didik hal tersebut dibuktikan pada siklus I peserta didik memperoleh nilai 62,88 dengan kategori (Sedang), kemudian dilanjutkan pada siklus II meningkat menjadi 72,1 dengan kategori (Tinggi) dan kemudian dilanjutkan pada siklus III meningkat menjadi 86,1 dengan kategori (Sangat Tinggi).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, Focusky, Hasil Belajar, Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Mar 2022 08:39
Last Modified: 07 Mar 2022 08:39
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item