Khaedir, Zul (2021) Efektivitas penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan aktivitas belajar santri ponpes DDI Kaballangan. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
18.0211.018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini meneliti tentang kurangnya aktivitas belajar santri dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk melihat efektivitas penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan aktivitas belajar santri. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA MA DDI kaballangan tahun ajaran 2020/2021 jumblah sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 sampel. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Pada desain penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar santri dalam waktu 3 kali pertemuan yaitu sejak pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga, yang dimana rata-rata aktivitas santri pada pertemuan pertama 63,2% dengan kriteria cukup, pada pertemuan kedua dengan rata-rata 70,4% dengan kriteria cukup, dan pada pertemuan ketiga mengalami peningkatan rata-rata aktivitas santri 78,2% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa metode pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan keaktifan belajar santri kelas XI IPA MA DDI Kaballangan tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, jigsaw |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 08:32 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 08:40 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3322 |
Actions (login required)
View Item |