Ramadhan, Tasman (2022) Respons Peserta Didik terhadap Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Menjawab Soal pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MIA 1 MAN 2 Kota Parepare. Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
19.0211.109.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang respons peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Kahoot dalam menjawab soal pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MIA 1 MAN 2 Kota Parepare. Aplikasi Kahoot adalah salah satu assesment tools yang dapat digunakan untuk membuat kuis, game berdiskusi dan survei dengan menarik. Respons merupakan kecenderungan seseorang untuk memberikan reaksi, pemusatan perhatian pada sesuatu diluar dirinya karena ada stimulus yang mendorong. Jenis peneilitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain The Statistik Group Comparison Design dengan membandingkan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan pemberian aplikasi Kahoot dan kelas kontrol dengan menggunakan konvensional. Sampel penelitian menggunakan sampling jenuh, sample yakni kelas XI MIA 1 sebanyak 36 Siswa dan XI MIA 2 sebanyak 30 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tekni observasi, tes, angket, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisi datanya menggunakan teknik statistis desktriptif dan inferensial dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 2.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MIA 1 MAN 2 Kota Parepare di mana hasil analisis penelitian ini, peserta didik secara aktif memberikan respons penggunaan aplikasi Kahoot, melalui proses persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut pada angket yang diberikan, hasil perolehan data dari angket yang disebarkan yakni 69% yang berarti berada pada kategori baik, dari angka tersebut diketahui bahwa aplikasi Kahoot mudah untuk digunakan (2) Respons peserta didik terhadap pengunaan Aplikasi Kahoot dalam menjawab soal Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MIA 1 di MAN 2 Kota Parepare dapat diketahui melalui uji perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Respons peserta didik menjawab soal Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas kontrol yang diberikan perlakuan konvensional berada pada kategori sedang yakni 54%, Sedangkan respons peserta didik menjawab soal Sejarah Kebudayaan Islam pada kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa aplikasi Kahoot berada pada kategori baik yakni 61%. angka yang diperoleh berdasarkan sebaran angket yang menilai aspek kognitif, afektif dan behavioral peserta didik. 3) Terdapat Perbedaan antara penggunaan aplikasi Kahoot dengan tanpa menggunakan aplikasi Kahoot terhadap respons Peserta Didik dalam menjawab soal Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil analisis Independent Sampel T Test diperoleh melalui aplikasi SPSS dengan perolehan nilai signifikn 2 tailed lebih kecil (0.00 ≤ 0.05), hal ini dibuktikan dengan respons peserta didik menjawab soal menggunakan aplikasi Kahoot yang lebih baik dibandingkan dengan pemberian soal secara konvensional. Dari perbedaan angka tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kahoot lebih efektif digunakan untuk menjawab soal dibandingkan dengan tes konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi kahoot, respons peserta didik, sejarah kebudayaan Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 08:33 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 08:33 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3319 |
Actions (login required)
View Item |