Usman, Kartini (2021) Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Online PAIBP di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada SDN 28 Pincengpute Kab. Wajo). Masters thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
19.0211.028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Online PAIBP Di Masa Pandemi Covid-19 ( Studi pada SDN 28 Pincengpute Kab. Wajo). Pandemi covid-19 telah merubah pola pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran online yang dilaksanakan di rumah, pendidik dan peserta didik berada di tempat yang berbeda. Proses pembelajaran online di masa pandemi covid-19 diupayakan tetap berjalan secara optimal, Oleh karena itu diperlukan pendampingan orang tua agar dapat menjadi guru/pendidik, fasilitator, motivator dan pengarah atau direktur selama anak belajar online di rumah. Peran orang tua sangat penting agar peserta didik dapat belajar secara optimal. Jenis penelitian ini yaitu merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni penelitian yang memberikan gambaran tentang stimulasi dan kejadian faktual dan sistematis mengenai faktor-faktor, sifat-sifat, serta hubungan antar fenomene yang dimiliki untuk melakukan dasar-dasarnya saja.. Adapun metode dalam mengumpulkan data adalah wawancara,dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau pengujian keabsahan data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Desain pembelajaran online PAIBP pada masa pandemi covid-19 di SDN 28 Pincengpute Kab. Wajo melalui langkah-langkah yaitu: menganalisis SKL, KD, karakteristik peserta didik, merancang alokasi waktu, straregi dan media pembelajaran dengan memanfaatkan tehnologi informasi, mengembang media pembelajaran, mengaplikasikan strategi dan media, penilaian sebagai pengukuran hasil pembelajaran. (2) Peran orang tua dalam mendampingi anak belajar online PAIBP pada masa pandemi covid-19 di SDN 28 Pincengpute Kab. Wajo yaitu orang tua sebagai pendidik yang membantu anaknya ketika mengalami kesulitan dalam belajar, fasiltator bagi anaknya menyiapkan fasilitas pembelajaran online, motivator yang memberikan dukungan, dorongan dan semangat kepada anaknya untuk selalu belajar meskipun dalam situasi pandemic covid-19 serta menjadi pengarah atau direktur yang selalu membimbing dan mengarahkan anak agar tetap belajar, meskipun masih terdapat orang tua yang tidak dapat mendampingi anaknya secara totalitas tetapi mereka mencari solusi agar anaknya tetap belajar secara online.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain, pembelajaran online, Peran orang tua, Peserta Didik, Pendidik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 09:16 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 09:25 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3316 |
Actions (login required)
View Item |