Hasnawati, Hasnawati (2021) Pola Penerapan merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Daya Kreativitas Peserta Didik di SMAN 4 Wajo Kabupaten Wajo. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pola penerapan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan daya kreativitas peserta didik di SMAN 4 Wajo Kabupaten Wajo dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana pola penerapan merdeka belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Wajo. 2. Bagaimana peningkatan daya kreatifitas belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Wajo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuatitatif yang sering disebut model penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi alamiah, kemudian pendekatan yang dilakukan dengan memakai pendekatan pedagogik, lalu data tersebut dikumpul dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena dalam penelitian dimana instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Kemudian menyusun pedoman wawancara yang berisi pertayaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 Wajo telah menerapkan pembelajaran dan penilaian berdefensiasi sebagai perwujudan pola penerapan merdeka belajar dan imlementasi dari pola penerapan merdeka belajar itu berdampak baik terhadap peningkatan daya kreativitas peserta didik, menjadikan pembelajaran pendidikan Agama Islam lebih menyenangkan, berkwalitas dan bermakna, karena dengan penerapan merdeka belajar peserta didk memiliki kemampuan berfikir kritis, memiliki kepekaan emosi, berbakat dan memiliki daya imajinasi yang tinggi. Implikasi dari penelitian ini diharapkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengatasi masalah-masalah pendidikan khusus di SMAN 4 Wajo. Meskipun penelitian ini merupakan bahan kajian yang baru dibahas dan bahkan masih terjadi prokontara dikalangan tokoh-tokoh pendidikan namun penulis berharap penelitian ini akan menjadi bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya dan memperkaya penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar, Pembelajaran, Daya Kreativitas
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:22
Last Modified: 01 Mar 2022 06:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item