Rahim, Rustan Ardiansyah (2021) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMP Negeri 12 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
17.1100.138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dampak daripada Pandemi Covid-19 menyentuh ranah pendidikan di semua jenjang, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi. Adanya pandemi ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk berinovasi mengembangkan dan melaksanakan perencanaan pembelajaran daring. Berdasarkan implementasi kurikulum 2013 pendekatan saintifik. Pendekatan ini melatih siswa untuk belajar dengan metode ilmiah melalui proses mengamati, menanya, menalar, mencoba, serta mengkomunikasikan materi yang dipelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hambatan yang ditemui dalam melaksanakan pembelajaran daring berdasarkan penerapan kurikulum 2013 pendekatan saintifik yang terdiri dari kegiatan 5M tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, sasaran penelitian ini adalah guru dengan mengimplementasikan kurikulum 2013 pendekatan saintifik dalam pembelajaran daring.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, dengan dilengkapi teknik analisis data menggunakan reduksi data.Uji keabsahan datanya dilakukan uji credibility, transferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum 2013 pendekatan saintifik (5M) melalui pembelajaran daring di SMP Negeri 12 Parepare sudah dilakukan dengan cukup baik, pembelajaran daring dengan menggunakan pendekatan saintifik tidak hanya melibatkan guru dengan peserta didik saja tetapi orang tua peserta didik pun ikut ambil bagian dalam membimbing anaknya mengembangkan sikap ilmiah dan kritis anak tersebut.(2) Hambatan atau kendala yang dapat ditemui dalam implementasi kurikulum 2013 pendekatan saintifik (5M) melalui pembelajaran daring di SMP Negeri 12 Parepare dari aktivitas mengamati, menanya dan mengkomunikasikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, pendekatan saintifik, pembelajaran daring |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 08:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 08:46 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3307 |
Actions (login required)
View Item |