Yusuf, Masita (2021) Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Rahmatul Asri Maroangin Kabupaten Enrekang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi sering digunakan oleh pendidik ketika menjelaskan pelajaran yang berhubungan dengan gerakan fisik peserta didik oleh karena itu metode demonstrasi diharapkan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik kelas VII MTs Rahmatul Asri Maroangin Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif korelasional. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 54 orang dari 115 populasi dari jumlah peserta didik kelas VII secara keseluruhan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriftif dan inferensial dengan rumus regresi linear sederhada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) metode demonstrasi berada pada kategori tinggi dengan skor 86,1% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 54 responden. (2) kemampuan psikomotorik peserta didik berada pada kategori tinggi dengan skor 80,1% (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode demonstrasi terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik di MTs Rahmatul Asri, yang dibuktikan melalui hasil analisis data berdasarkan uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Y = 50,686 + 0,683X, pada uji hipotesis dan uji korelasi menunjukkan bahwa R = 0,182 atau 18,2%, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik kelas VII MTs Rahmatul Asri dengan konstribusi yang diberikan sebanyak 18,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Demonstrasi, Kemampuan Psikomotorik Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:50
Last Modified: 24 Feb 2022 02:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item