Sulaiha R, Sulaiha R (2020) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik melalui metode diskusi pada kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
15.1100.059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Metode diskusi merupakan cara penyajian pelajaran, di mana peserta didik dihadapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematik untuk dibahas dan dipecahkan bersama. Dengan metode diskusi peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi dengan teman-temannya. Sehingga sangat penting bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berbicaranya. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas XI MIPA 1 melalui metode diskusi. Data untuk mengetahui kemampuan berbicara peserta didik diperoleh dari beberapa sumber diantaranya guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik kelas XI MIPA 1 dan pengamatan langsung yang dilakukan oleh penulis. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara peserta didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana peneliti mengumpulkan berbagai macam informasi berdasarkan suatu permasalahan yang ada pada saat penelitian. Penelitian lapangan ini bersifat kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, diperoleh informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berbicara peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Pinrang sudah baik namun masih ada beberapa peserta didik yang kurang aktif berbicara pada saat diskusi sedang berlangsung. (2) Kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik melalui metode diskusi kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Pinrang yaitu beberapa peserta didik bosan, takut salah, kurang percaya diri berbicara di depan teman-temannya, dan sulit untuk membahasakan apa yang ingin disampaikan dikarenakan peserta didik kurang pasih dalam menggunakan bahasa Indonesia. (3) Langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik melalui metode diskusi kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Pinrang yaitu dengan melihat kondisi peserta didik terlebih dahulu kemudian menggabungkan metode pembelajaran diskusi dengan metode pembelajaran lainnya sesuai dengan materi pelajaran, menunjuk peserta didik yang kurang aktif, memperlihatkan video motivasi kepada peserta didik dan memberikan umpan kepada peserta didik tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbicara, Metode Diskusi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:32 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:32 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3300 |
Actions (login required)
View Item |