Awaliyah, Dian Fitri (2022) Konsep E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text]
Preview
Text (Full Text)
17.2400.033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

E-commerce merupakan suatu transaksi jual-beli produk (barang dan jasa) melalui media internet yang mengakibatkan transaksi e-commerce dapat berlangsung dimana saja dan kapan saja (selama koneksi internet tidak terputus) tanpa mengenal batas waktu dan ruang.E-commerce cenderung memiliki kesamaan dengan bai’ as-salamditinjau dari pembayaran yang sifatnya disegerakan dan penyerahan atau pengiriman barang yang sifatnya ditangguhkan.Sebenarnya Islam merupakan agama yang memudahkan umatnya dalam melakukan transaksi jual beli, hanya saja terdapat beberapa ketentuan yang berlaku di dalam Islam mengenai transaksijual beli.Maka perlu untuk dikaji karena terdapat perbedaan pendapat diantara para ulama.Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan e-commerce dalam ekonomi syariah, tentang syarat dan tujuan e-commerce, serta tentang mekanisme pembayaran e-commerce. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (Library Research). Oleh karena itu teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan yang diambil dari buku-buku, kitab-kitab terjemahan, teori-teori baik itu berupa jurnal maupun informasi lainnya yang ada relevansinya dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) E-commerce mempuyai keterkaitan dengan ekonomi syariah, yakni dalam bentuk bai’ as-salam, baik dari sisi pengertian, bentuk transaksi, maupun cara bertransaksi. Perbedaannya hanya terletak pada pembayaran dan penyerahan objek yang diperjualbeikan.2)Syarat e-commerce dalam ekonomi syariah, yakni memiliki modal, barang yang dimiliki, dan adanya akad. Tujuannya adalah memberikan kemudahan bertransaksi (bermu’amalah); menata struktur kehidupan ekonomi masyarakat; dan menumbuhkan rasa kerelaan dalam bertransaksi. 3). Mekanisme pembayaran e-commerce, mempunyai kesamaan dengan mekanisme yang berlaku dalam sistem ekonomi syariah pada bentuk bai’ as-salam, yakni adanya pembayaran; penyerahan barang; dan dilakukan setelah adanya akad kedua belah pihak yang bertransaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bai’ as-salam, E-Commerce, Ekonomi Syariah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Yusaerah
Date Deposited: 01 Apr 2022 07:20
Last Modified: 01 Apr 2022 07:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/3205

Actions (login required)

View Item View Item