Nurmila, Nurmila (2021) Relevansi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Kepribadian Sederhana Santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1100.131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) bagaimana gambaran umum kepribadian sederhana santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi, (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi, (3) bagaimana relevansi pembelajaran Akidah Akhlak terhadap pembentukan kepribadian sederhana santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi mengenai relevansi pembelajaran Akidah Akhlak terhadap pembentukan kepribadian sederhana santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi. Adapun data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Kepala Madrasah, Guru Akidah Akhlak, Santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi dan masyarakat sekitarnya. Observasi berupa pengamatan yang dilakukan secara langsung di dalam kelas dan sekitar lingkungan pondok pesantren. Teknik analisis data dengan cara pengolahan data dan analisis data, yaitu analisis data lapangan. Hasil dari penelitian ini meliputi (1) Gambaran umum kepribadian sederhana santri di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi dinyatakan sudah baik, hal ini sesuai dengan hasil observasi dan wawancara dengan guru, santri, dan masyarakat serta peraturan-peraturan yang berlaku dalam pondok pesantren yang bersifat mendidik. Misalnya pembiasaan tentang cara berpakaian yang baik dan sopan, bertutur kata yang baik, serta dilarang berlebih-lebihan dalam materi. (2) Pelaksanaan proses pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah DDI Takkalasi diambil dari kitab Ta’limul Muta’allim sebagai upaya guru Akidah Akhlak dalam memanfaatkan pembelajaran tatap muka terbatas saat pandemi masih berlangsung. (3) Relevansi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk kepribadian sederhana santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Addary DDI Takkalasi dapat dilihat dari keseharian santri yang tampak sederhana dari segi pakaiannya, bicaranya dan sikapnya terhadap teman, guru dan masyarakat sekitar pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: relevansi pembelajaran, akidah akhlak, kepribadian santri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:33
Last Modified: 20 Jan 2022 03:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item View Item