Suryaningsih, Suryaningsih (2021) Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Prezi untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP 1 Malunda Kab. Majene. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0211.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkatkan minat dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP 1 Malunda Kab. Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media Prezi dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam Didik Kelas VIII SMP 1 Malunda Kab. Majene. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 28 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, dan dokumentasi. Data aktivitas guru diperoleh melalui observasi dan dianalisis untuk membandingkan tingkat aktivitas tersebut pada setiap siklus. Data tentang minat dan motivasi belajar peserta didik diperoleh melalui penyebaran angket yang kemudian dianalisis untuk melihat peningkatan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan media aplikasi Prezi. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas cara mengajar guru yang sudah berjalan dengan baik berdasarkan hasil observasi pada setiap tahap siklusnya. Pada siklus I penggunaan media aplikasi Prezi dalam pembelajaran PAI diperoleh persentase 56,23% (cukup) dan pada siklus II diperoleh persentase 76,98% (baik). Selanjutnya, adanya peningkatan minat dan motivasi belajar peserta didik terlihat dari peningkatan rata-rata setiap siklusnya. Untuk minat belajar peserta didik siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 70,2% (baik) dan siklus II sebesar 80,5% (sangat baik) sehingga peningkatannya adalah 10,3%. Untuk motivasi belajar peserta didik siklus I diperoleh persentase secara klasikal sebesar 72,9% (baik) dan siklus II sebesar 78% (baik) sehingga peningkatannya adalah 5,1%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media aplikasi Prezi dalam pembelajaran PAI secara tepat dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, Prezi, Minat dan Motivasi Belajar, PAI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:57
Last Modified: 19 Jan 2022 08:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2963

Actions (login required)

View Item View Item