Nasmila, Nasmila (2021) Strategi Customer Service Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Nasabah di PT. Bank Muamalat TBK. KCP Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.2300.057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pelayanan adalah kunci keberhasilan dalam berbagai jenis usaha atau kegiatan yang bersifat jasa. Perannya akan lebih besar dan bersifat menentukan jika dalam kegiatan-kegiatan itu terdapat kompetensi dalam usaha merebut pemasaran atau pelanggan. Pelayanan sangat penting bagi perkembangan setiap perusahaan, termasuk badan usaha perbankan karena pelayanan sangat berkaitan erat dengan sumber daya manusia yang ada didalamnya. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk pelayanan customer service, faktor yang mempengaruhi customer service dalam meningkatkan pelayanan dan strategi customer service dalam meningkatkan pelayanan di PT. Bank Muamalat TBK.KCP Parepare berdasarkan Manajemen Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan.Sumber data atau dokumen dikumpulkan secara lansung melalui wawancara mengenai Strategi Customer Service dalam meningkatkan pelayanan pada PT. Bank Muamalat TBK.KCP Parepare sesuai pandangan manajemen Islam. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Bentuk Pelayanan customer service pada PT. Bank Muamalat TBK.KCP Parepare sesuai dengan standarnisasi yang telah ditentukan, salah satunya dengan bersikap ramah ketika melayani nasabah merupakan bentuk pelayanan yang baik kepada nasabah ataupun calon nasabah, (2)Faktor yang mempengaruhi customer service dalam meningkatkan pelayananyaitu sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan kualitas produk yang disajikan seperti ragam produk atau jenis produk yang dijual lengkap, (3) Strategi customer service dalam meningkatkan pelayanan berdasarkan manajemen syariah yaitu sikap dapat dipercaya.Dalam hal ini mengembangkan perilaku dapat dipercaya oleh nasabah dan percaya kepada nasabah. Memiliki sikap yang ramah, sopan dan menyenangkan dengan demikian hubungan sosial dengan nasabah akan terjalin dengan baik. Selain itu juga, custumer service mampu mengkomunikasikan berbagai macam informasi terkait produk-produk yang dimiliki perusahaan dengan jujur tanpa menyembunyikan hal yang dapat merusak kepercayaan nasabah kepada customer service.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pelayanan, customer service
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:38
Last Modified: 11 Jan 2022 06:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item