Darwis, Darwis (2017) Implementasi Nilai-nilai Keteladanan Rasulullah dalam Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Perilaku Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Panca Rijang Kab. Sidrap. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nilai adalah kualitas suatu hal yang menjadikan hal itu dapat disukai, diinginkan, berguna dan dihargai. Perilaku merupakan tindakan atau aktivititas dari manusia itu sendiri. Dalam pendidikan agama Islam selalu menekankan untuk berprilaku yang mulia dan mempunyai suatu nilai. Perilaku yang mulia dan bernilai dapat diteladani dan keteladan sangat diperlukan untuk pembentukan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai keteladanan Rasulullah dalam pendidikan agama Islam terhadap pembentukan perilaku peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Panca Rijang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu produser data deskriptif berupa ucapan atau tindakan dari subjek yang diamati, data tersebut dideskripsikan untuk memberikan gambaran umum tentang subjek yang diteliti. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi yaitu pengamatan lansung di lapangan tentang permasalahan yang diteliti, wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa sebagai responden maupun informan yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan. Kemudian metode selanjutnya yaitu dokumentasi yakni mencari data mengenai hal-hal variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, notulen rapat, agenda dan sebagainya. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu menggunakan metode induktif yaitu menganalisis data mulai dari yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum, deduktif adalah menganalisis data mulai dari yang bersifat umum kemudian menarik kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penilitian menunjukkan bahwa untuk membentuk perilaku peserta didik maka harus dimulai dari seorang guru yang menanamkan nilai-nilai keteladanan dalam dirinya seperti kejujuran, sopan santun, penyayang, disiplin, adil, bertanggung jawab, mampu menahan amarah, penolong, ikhlas. Dengan demikain, akan lebih mudah membentuk perilaku peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan agama Islam, Keteladan, Perilaku
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 07 Jan 2022 13:50
Last Modified: 07 Jan 2022 13:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item