Ulfa, St. Maria (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Savi (Somatic Auditori Visual Intelektual) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Izzatul Ma’arif Tappina Kab. Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.153.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaran SAVI (Somatic Auditori Visual Intelektual) adalah pembelajaran yang melibatkan seluruh potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar peserta dididk pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Izzatul Ma’arif Tappina Kab. Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif khususnya kuantitatif eksperimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experimental Design dalam bentuk One-Group Pretest-posttest Design. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu Instrumnet test, dan dokumentasi menggunakan analisis data dan uji validitas data. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam mengelola pembelajaran selama empat kali pertemuan, pada pertemuan 1 peneliti menjelaskan gambaran materi dan memberikan pre-test sebelum menggunakan strategi pembelajaran SAVI, pada pertemuan 2, 3 dan 4 sudah mulai dilakukan treatment atau penerapan strategi pembelajaran SAVI setelah itu memberikan post-test, diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih meningkat dengan skor rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Strategi pembelajaran SAVI (Somatic Auditori Visual Intelektual) adalah 86, 90 berada pada kategori baik. Setelah membandingkan antara besar t yang diperoleh dalam perhitungan yang tercantum pada nilai thitung maka hasil diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Dimana thitung=23,296 sedangkan ttabel=1,697. Berdasarkan perhitungan tersebut thitung lebih besar dari pada ttabel dengan demikian Ha diterima dan ini berarti penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Strategi pembelajaran SAVI (somatic Auditori Visual Intelektual) dapat meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs. Izzatul Ma’arif Tappina Kab. Polewali Mandar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran SAVI (somatik auditory visual intelektual), Hasil belajar Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 06 Jan 2022 08:38
Last Modified: 06 Jan 2022 08:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item