Harli, Harli (2021) Penerapan Nilai-nilai Religius dalam Membentuk Sikap Prososial Peserta didik SMP Negeri 5 Majene. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Full text)
19.0211.012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini membahas tentang penerapan nilai-nilai religius dalam membentuk sikap prososial peserta didik SMP Negeri 5 Majene. Adapun tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Religius dalam membentuk sikap prososial peserta didik SMP Negeri 5 Majene. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis, normatif, pedagogis dan psikologis. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan alat pengumpul data yaitu lembar pedoman observasi, pedoman wawancara, Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan; dan teknik pengujian kabsahan data yang meliputi, triangulasi sumber, triangulasi waktu, triangulasi teori, dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, sikap prososial peserta didik DI SMP Negeri 5 Majene masih tergolong lemah/rendah karena; permasalahan 1), peserta didik kurang peka terhadap keadaan teman, 2) terlihat dalam proses pembelajaran ketika mengambil peralatan dari guru peserta didik hanya mengambil alat untuk dirinya sendiri dan tidak mengambilkan alat untuk anggota kelompok yang lain, dan, 3) peserta didik belum dapat bertindak jujur. Peserta didik tidak mau mengakui kesalahannya. Ketika berbuat salah peserta didik malah menunjuk temannya yang melakukan kesalahan. Bentuk Nilai-nilai Religius yang diterapkan Pada Peserta Didik di SMP Negeri 5 Majene adalah; Pelaksanaan hari besar Islam, Market day, dan Ekstrakurikuler. Cara Penerapan Nilai-nilai Religius Dalam Membentuk Sikap Prososial Peserta Didik SMP Negeri 5 Majene yaitu dengan pembiasaan, teladan, metode cerita atau kisah, metode mendidik melalui kedisiplinan, metode nasehat dan metode kegiatan ektrakurikuler berbasis keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Nilai-nilai, Religius, Sikap, Prososial |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 08:19 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 08:19 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2849 |
Actions (login required)
View Item |