Safitri, Mustika Ayu (2021) Korelasi antara kemampuan pengelolaan pembelajaran guru bahasa Arab dengan minat belajar peserta didik di MA As’adiyah Longka Kab.Wajo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
17.1200.005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pengelolaan pembelajaran merupakan suatu usaha yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar yang dimulai dari suatu proses perncanaan,pelaksanaan, penilaian kegiatan pembelajaran dan umpan balik yang memungkinkan kegiatan pengelolaan pembelajaran dapat berlangsung dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesui tujuan sebagai seorang pendidi. Memiliki kemampuan pengelolaan pembelajaran bagi seorang guru akan dapatmenambah minat belajar seorang peserta didik. Seorang guru yang dapa menegelolan pembelajarannya dengan baik akan sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Minat peserta didik akan tumbuh jika mereka memiki perasaan yang senang dalam proses pembelajaran serta perhatian dan motivasi dari seorang guru atau dari drinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan pengelolaan pembelajaran guru bahasa Arab dengan minat belajar peserta didik di MA As’adiyah Longka Kab.Wajo. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 53 peserta didik dari 110 peserta didikyang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pengelolaan pembelajaran guru bahasa Arab di MA As’adiyah Longka Ka. Wajo, termasuk kategori sangat rendah yaitu 5764 atau 57,64%dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. (2) Minat belajar peserta didik termasuk kategori sedang yaitu 0.7144 atau 71,44% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan terhadap kemampuan pengelolaan pembelajaran bahasa Arab dengan minat belajat peserta didik di MA As’adiyah Longka Kab.Wao. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar rhitung = 0.272 > 0.270 pada taraf signifikan 5%. dan berada di koefisien interval dari 0.20-0.399 yang berarti mempunyai tingkat hubungan yang rendah. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel kemampuan pengelolaan pembelajaran bahasa Arab dengan minat belajar peserta didik sebesar 7.4% sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampun pengelolaan pembelajaran guru bahasa Arab, Minat belajar peserta didik
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200318 Middle Eastern Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:30
Last Modified: 04 Jan 2022 02:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2844

Actions (login required)

View Item View Item