Amran, Suci Reskiana Putri (2021) Pengaruh Perhatian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Beragama Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 2 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
16.1100.066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Guru pendidikan agama islam adalah pembina pribadi, sikap dan juga pandangan hidup bagi peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam berbeda dengan guru-guru bidang studi lainnya. Guru Pendidikan Agama Islam disamping melaksanakan tugas pengajaran, yaitu memberitahukan pengetahuan keagamaan. Guru agama juga diperitahkan melaksanakan tugas pendidikan dan juga melakukan pembinaan bagi peserta didik yang akan membantu pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak, disamping menumbuhkan dan mengembangkan keimanan dan ketakwaan peserta didik. Tugas seorang guru tidak hanya sekedar memberikan informasi kepada peserta didik, namun tugas seorang guru lebih komprehensif dari itu. Selain menjadi seorang pengajar dan membekali peserta didik dengan pengetahuan, guru juga harus menyiapkan peserta didik agar mampu mandiri dan memberdayakan bakat peserta didik diberbagai bidang, mendisiplinkan moral mereka, membimbing dan juga menanamkan kebajikan dalam jiwa mereka. Oleh sebab itu perhatian dari seorang guru pendidikan agama islam sangat berpengaruh bagi peserta didik selain itu guru yang mengajarkan pelajaran agama islam harus bertanggung jawab dalam pembinaan sikap dan perilaku yang dilakukan peserta didik. Guru agama harus mampu menanamkan nilai-nilai agama kepada setiap peserta didik dengan berbagai cara, sehingga dengan adanya Perhatian dari guru pendidikan agama islam maka akan memberi dampak positif bagi peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian guru pendidikan agama islam terhadap perilaku beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Parepare. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif asosiatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perhatian guru pendidikan agama islam di SMA Negeri 2 Parepare dikategorikan sangat kuat yaitu 84,3%. 2) Perilaku beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Parepare juga dikategorikan sangat kuat dengan jumlah 85,0%. 3) Terdapat pengaruh signifikan perhatian guru pendidikan agama islam terhadap perilaku beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Parepare, hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi Y= 16.655 + 0.655X. Koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,601 dan nilai koefisien determinan 36,1%. Dengan demikian, perhatian guru pendidikan agama islam memberikan pengaruh sebesar 36,1% terhadap perilaku beragama peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Parepare, sementara 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Guru Pendidikan Agama Islam , Perilaku Beragama Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 30 Dec 2021 06:12
Last Modified: 30 Dec 2021 06:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item