Isnayah, Isnayah (2021) Analisis Etika Bisnis Islam terhadap Praktik Promosi di Instagram (Studi Endorse Selebgram di Kota Parepare). Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
19.0224.017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah bentuk pemasaran penjualan produk dalam praktik endorsement media sosial instagram di Kota Parepare, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi praktik endorsement dalam promosi produk media sosial instagram di Kota Parepare, dan mendeskripsikan bagaimana implikasi nilai-nilai etika bisnis Islam dalam praktik endorsement di media sosial instagram. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalahreduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclution) atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Bentuk pemasaran produk dalam praktik endorsement media sosial instagram di Kota Parepare adalah dengan mendayagunakan eksistensi selebgram untuk melakukan aktifitas promosi di media sosial instagram. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi praktik endorsement dalam promosi produk media sosial instagram di Kota Parepare diantaranya adalah faktor pribadi, faktor sosial, dan faktor emosional. 3). Implikasi dari penerapan etika bisnis yang Islami dengan mengacu pada indikator Tauhid, keadilan, tanggung jawab dan kebenaran dapat berupa timbulnya ikatan emosional dan spiritual sehingga mendorong minat konsumen untuk mencoba dan menggunakan produk penuh dan berkelanjutan, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai penjualan dalam aspek perekonomian bisnis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis, Endorsement, Media Sosial
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:28
Last Modified: 27 Dec 2021 03:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item