Harliani, Harliani (2020) Korelasi Prestasi Belejar Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 7 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
13.1100.153.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar adalah segala kegiatan yang dilakukan secara sadar ataupun sengaja yang mengakibatkan terjadinya perubahan tingkah laku manusia secara langgeng atau kontinyu baik secara fisik maupun psikis yang ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai, yang mencakup ranah kognitif, efektif dan psikomotorik. Perilaku keagamaan merupakan suatu kesatuan perbuatan dari manusia yang berarti, di mana setiap tingkah laku manusia merupakan respon terhadap tingkah laku yang di perbuatnya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam hubungannya dengan Allah swt, sesama muslim, maupun dengan lingkungannya. Dengan mengaktualisasikan ajaran agama Islam diharapkan anak akan lebih bermoral, peka terhadap lingkungan, bertanggung jawab, serta bertawakal dalam menjalani kehidupan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penilitian kuantitatif asosiatif artinya suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada pengaruh antara dua variabel dengan desain penelitian bevariat. Karena dalam penelitian ini subjeknya kurang dari 100, maka semua populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 46 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 7 Parepare berada pada kategori sangat baik yaitu 92% yang dibuktikan dengan nilai rapor peserta didik. (2) Perilaku keagamaan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Parepare berada pada kategori sedang yaitu 71% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 46 responden. (3) Terdapat korelasi antara prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Parepare yang dibuktikan dengan menganalisis hasil angket dari 46 responden dengan nilai signifikansi r_hitung=0,439 ≥ r_tabel= 0,297 pada tingkat signifikan α=5%. Besarnya korelasi prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan peserta didik sebesar 19%, dalam artian bahwa 81% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Perilaku Keagamaan Peserta Didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Dec 2021 06:27
Last Modified: 01 Dec 2021 06:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item