Wardiah, Wardiah (2021) Penggunaan media edmodo pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar kelas XII IPA SMA Negeri 3 Mamuju. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
18.0211.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengunaan media edmodo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 3 Mamuju, Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan media edmodo pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas XII IPA di SMA Negeri 3 Mamuju. (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi belajar peserta didik kelas XII IPA pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Mamuju (3) Menunjukkan bahwa Penggunaan media edmodo Pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XII IPA di SMA Negeri 3 Mamuju.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA yang berjumlah 60 orang. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Cluster Random Sampling, dengan kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah observasi dengan teknik pengumpulan datanya mengamati aktivitas peserta didik selama pembelajaran,memberikan uji tes kuesioner sebelum dan sesudah pembelajaran untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan media edmodo dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 3 Mamuju. Hal ini terbukti dari uji Independent Samples T Test (uji T) data kuesioner setelah diberlakukan pembelajaran dengan media edmodo. hasil yang diperoleh adalah Sig (2-tailed)= 0,040 < 2 α (0,1) maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Berdasarkan uji data kuesioner dan observasi yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa tingkat motivasi belajar peserta didik sangat tinggi pada kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan dari pada kelas kontrol.Adapun hasil data yang diperoleh Sig (2-tailed)= 0,040 < 2 α (0,10) maka H0 gagal ditolak dan H1 di terima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Edmodo, Pendidikan agama islam, Motivasi belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:53
Last Modified: 12 Nov 2021 07:53
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2763

Actions (login required)

View Item View Item