Mardaniah, Mardaniah (2020) Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Kesopanan Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
14.1100.093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap kesopanan peserta didik serta adakah pengaruh secara parsial dan secara simultan pola komunikasi orang tua terhadap kesopanan peserta didik kelas VIII MTs DDI Lero Kec. Suppa Kab. Pinrang. Jenis penelitian kuantitatif yang bersipat deskriptif, tehnik pengambilan sampelnya adalah total sampling. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian yakni angket, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunkan korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pola komunikasi satu arah berada pada kategori tinggi yaitu 82% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil statistik deskriptif dari 121 responden. (2) Pola komunikasi dua arah berada pada kategori tinggi yaitu 81% yang dibuktikan dengan menganalisis statistik deskriptif dari 121 responden. (3) Pola komunikasi multi arah berada pada kategori sedang yaitu 76% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil statistik deskriptif dari 121 responden. (4) Kesopanan peserta didik berada pada kategori tinggi yaitu 81% yang dibuktikan dengan menganalisis hasil statistik deskriptif dari 121 responden. (5) Terdapat pengaruh Secara bersama-sama antara variabel X1, X2, X3 terhadap kesopanan peserta didik peserta didik kelas VIII MTs. DDI Lero Kec. Suppa Kab. Pinrang yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan program IBM SPSS versi 21 diketahui nilai signifikansi 0.000 ≤ 0.05. Pinrang dan besarnya pengaruh yang diberikan untuk penelitian adalah sebesar 71,233 % dan sisahnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Satu Arah, Pola Komunikasi Dua Arah, Pola Komunikasi Multi Arah dan Kesopanan Peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:10
Last Modified: 10 Nov 2021 03:10
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2750

Actions (login required)

View Item View Item