Rahman, Nursakina (2021) Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pada Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs. Al-Mustaqim Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Sampul dan Abstrak]
Preview
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.005 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
16.1100.005 BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
16.1100.005 BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
16.1100.005 BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
16.1100.005 BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
16.1100.005 BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka dan Lampiran]
Preview
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.005 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir tingkat merupakan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif dan kreatif. Dalam ranah kognitif itu terdapat enam jenjang proses berpikir, mulai dari jenjang terendah (C1) sampai dengan jenjang yang paling tinggi (C6).Pemikiran tingkat tinggi dipahami sebagai siswa yang mampu menghubungkan pembelajaran mereka dengan elemen lain di luar yang diajarkan untuk diasosiasikan dengannya. Dalam konteks taxonomy Bloom kemampuan berfikir tingkat tinggi berada pada jenjang C4 sampai C6. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berfikir siswa dilihat dari berbagai soal-soal ujian sekolah yang diberikan kepada siswa untuk mengukur bagaimana tingkat kemampuan berfikir yang dimiliki oleh siswa. Soal-soal tersebut akan dianalisis berdasarkan teori taxonomy Bloom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi soal-soal ujian sekolahAnalisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif (frekuensi persentasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pembelajaran Fiqhi di MTs Al-Mustaqim Parepare menggunakan kurikulum 2013 (K13). Kurikulum 2013 telah mengadopsi revisi Bloom menurut Anderson mulai dari tingkat mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan berkreasi, karena tuntutan kurikulum 2013 harus sampai pada tahap berkreasi, siswa harus terus dilatih untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Soal ujian pada MTs Al-mustaqim Parepare yang menjadi focus penelitian penulis menunjukkan bahwa soal masih berstandar pada C1 dan C2 sehingga dari soal tersebut dapat diketahui bahwa siswa masih berada pada tahap berfikir tingkat rendah, sehingga guru sebaiknya membuat soal-soal evaluasi sesuai dengan kurikulum 2013 yakni sampai pada tahap evaluasi atau mencipta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berfikir Tingkat Tinggi, Soal Ujian Sekolah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:36
Last Modified: 02 Nov 2021 03:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item