Irmayanti, Rusmiah (2020) Strategi Guru dan Peserta Didik dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an ( Studi di SD Negeri 30 Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text]
Preview
Text (Full text)
15.1100.163.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan firman Allah swt yang dijadikan pedoman hidup kaum muslim yang tidak ada lagi keraguan di dalamnya. Namun, realita yang terjadi banyak generasi muslim yang tidak mengenal al-Qur’an, hebat dalam bidang keilmuan akan tetapi tidak memahami terlebih membaca dasar keilmuan Islam yaitu al-Qur’an, karena itu guru PAI sangat berperan penting dalam pembelajaran al-Qur’an peserta didik. Dalam hal ini, guru PAI menyarankan peserta didiknya untuk mengikuti TPA setelahh pulang sekolah agar pengetahuan peserta didik tentang al-Qur’an dapat berkembang dan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru PAI dalam pebelajaran membaca dan menulis al-Qur’an pada SD Negeri 30 Parepare adalah strategi pembelajaran ekspositori. Faktor-faktor yang mendukung strategi guru PAI dalam pembelajaran membaca dan menulis al-Qur’an adalah kepala sekolah dan guru-guru, guru PAI, keterlibatan orang tua peserta didik, tersedianya buku Iqra’ dan buku penunjang dalam pelajaran PAI, dan peserta didik diberi tugas untuk mempelajari kembali dirumah. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat adalah kurangnya kepedulian orang tua terhadap anaknya, perbedaan karakter peserta didik, kurangnya alokasi waktu, dan kurangnya kedesiplinan peserta didik. Dengan melihat kemampuan peserta didik dalam membaca dan menulis al-Qur’an, maka pelajaran PAI pada SD Negeri 30 Parepare merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran membaca dan menulis al-Qur’an perlu menjadi perhatian khusus pihak sekolah dengan menetapkan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan keadaan peserta didik. Setelah menetapkan tujuan pembelajaran yang tepat, guru PAI harus menerapkan strategi pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efesien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru dengan Peserta Didik, Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:29
Last Modified: 01 Nov 2021 01:29
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item