Nurzam, Nurzam (2020) Pembentukan Soft Skill melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 2 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.157 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.157 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.157 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.157 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.157 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.157 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.157 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik yang ada di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pinrang dalam hal pengetahuan cukup baik tetapi dalam hal kecerdasan emosional (soft skill) belum bisa mereka kontrol dengan baik, terutama yang berkaitan dengan hal keagamaan. Hal ini menunjukkan bahwa kepribadian peserta didik atau soft skill peserta didik masih bermasalah. Skripsi ini membahas tentang pembentukan soft skill melalui pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 2 Pinrang. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui soft skill peserta didik yang ada di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pinrang, strategi guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran untuk membentuk soft skill peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pinrang, dan faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membentuk soft skill kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pinrang. Data bersumber dari guru pendidikan agama Islam kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pinrang dan peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pinrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan empat tahapan, meliputi derajat kepercayaan (perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi), keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Soft skill peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pinrang dari segi pedagogik cukup baik, namun dalam hal yang menyangkut kepercayaan diri dan keagamaannya itu masih kurang dan perlu untuk dikembangkan. (2) Strategi guru PAI dalam pembentukan soft skill peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 2 Pinrang yaitu menggunakan pendekatan, strategi dan berbagai metode, antara lain: pendekatan yang digunakan adalah student centered learning, metode yang digunakan adalah metode diskusi, ceramah dan tanya jawab. Dan juga penggunaan media untuk mendukung kegiatan dalam proses pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik, selain itu juga penggunaan strategi di luar ruangan dengan metode ATM (amati, tiru, dan modifikasi). (3) Faktor penghambat guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan soft skill peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 2 Pinrang ada dua faktor, yakni faktor internal dari diri peserta didik dan faktor eksternal dari lingkungan yang kurang baik, teman sebaya, teman bermain. Serta keluarga yang kurang tegas dalam mendidik anaknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Soft Skill, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 09:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 09:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2719 |
Actions (login required)
View Item |