Haslina, Haslina (2020) Korelasi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap kedisiplinan peserta didik MTs DDI Sokang Kab. Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.148 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.148 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.148 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.148 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.148 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.148 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.148 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kepribadian guru Akidah Akhlak merupakan tindakan yang mencerminkan sikap yang mantap dan stabil, bersikap dewasa, yang arif, berakhlak mulia dan menjadi teladan serta berwibawa dalam membimbing dan membina peserta didik. Memiliki kepribadian yang berkarakter mendidik bagi seorang guru akan dapat dipandang sebagai acuan bagi keberhasilan anak didik dan guru itu sendiri. Seorang guru yang disiplin dalam mengajar maka hal itu akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik. peserta didik lebih mudah meniru apa yang mereka lihat sebagai teladan (orang yang patut ditiru) daripada apa yang mereka dengar. Karena itu contoh dan teladan disiplin dari guru-guru sangat berpengaruh terhadap disiplin peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap kedisiplinan peserta didik MTs DDI Sokang Kab. Pinrang. Jenis Penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif dengan desain kuantitatif korelasional. Adapun sampel penelitian sebanyak 52 peserta didik dari 60 peserta didikyang menjadi populasi dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kepribadian guru Akidah Akhlak di MTs DDI Sokang Kab. Pinrang termasuk kategori tinggi yaitu 0.8665 atau 86.65% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. (2) Kedisiplinan peserta didik MTs DDI Sokang Kab. Pinrang termasuk kategori tinggi yaitu 0.8266 atau 82.66% dengan nilai sig = 0.000 < α = 0.05, maka H0 Ditolak. (3) Terdapat hubungan yang signifikan kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap kedisiplinan peserta didik MTs DDI Sokang Kab. Pinrang Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi sebesar rhitung = 0.742 > 0.273 pada taraf signifikan 5%. dan berada di koefisien interval dari 0.60-0.799 yang berarti mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap kedisiplinan peserta didik sebesar 55% sedangkan sisanya ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian guru, Kedisiplinan peserta didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 13:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 13:02 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2716 |
Actions (login required)
View Item |