Sahrul, Sahrul (2021) Strategi Guru Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar al-Qur’an Peserta didik di SMP Negeri Binuang Kab. Polewali Mandar. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Sampul dan Abstrak)
16.1100.059 Sampul dan Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
16.1100.059 BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 2)
16.1100.059 BAB 2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 3)
16.1100.059 BAB 3.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 4)
16.1100.059 BAB 4.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 5)
16.1100.059 BAB 5.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
16.1100.059 Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : mengetahui proses pembelajaran pendidikan agama Islam dalam hal Belajar al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri Binuang dan mengetahui kesulitan peserta didik dalam Belajar al-Qur’an peserta didik kelas, serta strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan Belajar al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri Binuang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, model data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan di SMP Negeri Binuang, bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam dalam hal Belajar al-Qur’an terhadap peserta didik, guru memberikan waktu atau kesempatan kepada peserta didik untuk Belajar al-Qur’an pada saat proses pembelajaran akan berlangsung. Ini bertujuan agar peserta didik terbiasa dan mampu dalam hal Belajar al-Qur’an. Adapun kesulitan yang didapatkan oleh peserta didik dalam Belajar al-Qur’an yaitu dari tajwid dan makharijul huruf atau mungucapkan huruf al-Qur’an, kurangnya dukungan dari keluarga dan lingkungan dalam Belajar al-Qur’an dan adanya rasa malas dalam diri peserta didik. Adapun strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan Belajar al-Qur’an yaitu memberikan waktu untuk Belajar Al-Qur’an ketika kegiata pembelajaran akan dimulai, mengelompokan peserta didik yang mengalami kesulitan Belajar al-Qur’an, mengadakan kegiatan pengajian setiap hari jum’at, dan penggunaan metode dalam proses pembelajaran Belajar al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru PAI, Kesulitan Belajar |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 08:50 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 08:50 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2691 |
Actions (login required)
View Item |